About Me

Foto saya
Hidup itu mudah jika kita menganggapnya mudah..
Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

RSS

GIRIWARA KE KIARA PAYUNG


18 mei 2012 Pengalaman baru SL.com yang senang berwisata saat mendapat kesempatan berkunjung ke lokasi wisata “Bumi Perkemahan Kiarapayung” di Jatinangor Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sebagai patokan, ingat saja pusat makanan terkenal “Tahu Sumedang”, yang terletak diantara Kota Bandung dan Cirebon, Jawa Barat.
Dengan mobil dari Tol Cileunyi, kita akan melewati jalan utama Jatinangor yang terkenal dengan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Universitas Padjadjaran (UNPAD) di Desa Hegarmanah dan Desa Cikeruh, Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN) di Desa Cibeusi, dan Universitas Winaya Mukti (UNWIN) di Desa Sayang.
              
Memasuki kawasan wisata Bumi Perkemahan (buper) Kiara Payung Jatinangor, maka anda kita melihat lebih dulu halaman Universitas Padjadjaran (UNPAD) yang berada di sebelah kanan jalan.  Lokasi wisata ini berada pada ketinggian 900 Mdpl (meter dari permukaan laut) dan sebagian besar wilayahnya terletak di Kecamatan Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat.  
           
Udara di sekitar Buper Kiarapayung lumayan sejuk dan dingin, karena daerah ini berada di kaki Gunung Manglayang (1.650 Mdpl) dan berhadapan langsung kerah timur dengan Gunung Geulis (1.281 Mdpl). Konon, nama Kiarapayung berasal dari bahasa Sunda, yaitu kiara (pohon) dan payung (bernaung). Wah.. dengan udara yang sejuk dan alam pegunungan yang eksotik di sekitar Kiara Payung memang terlihat sangat indah.
Menurut sejarah, wisata Buper Kiarapayung pernah dipakai kegiatan Pramuka, yaitu Jambore Nasional 2006. Saat kita masuk kawasan ini, dipintu gerbang melihat tugu tunas kelapa yang cukup besar. Ketika SL.com datang ke lokasi ini pada hari Sabtu-Minggu (11-12 Desember 2010) akses jalan untuk kendaraan bermotor sangat baik, aspal mulus dimulai dari persimpangan Jatinangor dengan jarak tempuh sekitar 5 Km. Kondisi jalan menanjak dan sebelum mencapai kawasan Buper Kiarapayung, kita akan melihat pintu gerbang Lapangan Golf Jatinangor di sebelah kiri jalan.
Terus mau ngapain di Buper Kiarapayung?
Karena udara disekitar wisata Kiarapayung cukup sejuk, maka tempat ini memang sangat pas buat mereka yang lagi mencari pemandangan alam, olahraga sepeda gunung (mountain bike), piknik bersama keluarga,  camping groundtrekkingphoto hunting, atau bikin acara outingyang biasa digelar oleh perusahaan. Disana ada banyak lapangan besar yang bisa dipilih untuk melakukan berbagai aktifitas outdoor. Ketika hujan turun, di Kiarapayung ada beberapa shelter untuk berlindung yang bisa menampung sekitar 25 orang.
Nah, akses jalan ke lokasi wisata Buper Kiarapayung Jatinangor sangat mudah dan cepat. Bagi anda yang datang dari Jakarta dengan mobil, cukup melintasi jalan tol Cikampek, Padalarang, dan terus ke jalan tol Bandung Selatan sampai ke Cileungi (paling ujung). Dari pintu gerbang tol Cileungi sudah dekat, hanya butuh waktu sekitar 15 menit. Di Jatinangor ada banyak hotel besar, dan restoran yang bisa dipakai sebagai transit sebelum berlanjut ke kawasan wisata Buper Kiarapayung.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar